Saturday, March 10, 2012

Review: Lenovo A60 Eco Tech, Android Dual SIM

Apa yang Anda inginkan dari sebuah ponsel pintar? desainnya kah? Atau kemampuan kameranya yang luar biasa? Tentu Anda akan sepakat bahwa sebuah smartphone hanya akan disebut pintar jika ia memiliki aplikasi yang hebat dengan dukungan data yang stabil. Namun sayangnya tidak semua operator mau jujur mengenai kestabilan koneksi data. Lenovo A60 hadir untuk memberikan Anda pilihan mudah mendapatkan koneksi data stabil, tanpa harus membuang kartu SIM yang telah Anda gunakan selama bertahun-tahun.
Desain
Dari segi tampilan, Lenovo A60 tidak banyak berbeda dari ponsel Android kebanyakan. Dengan balutan material plastik glossy dibagian depan, ponsel ini terlihat cukup elegan. Namun dimensi 116,5 x 59,9 x 13,2 mm cukup memompa bodi ponsel sedikit gemuk dan agak membesar ketika berada di kantong celana jeans kami. Lenovo cukup cerdik dalam menggunakan material karet dof dibagian belakang ponsel, sehingga membuat ponsel tidak mudah tergelincir.
Layar
Lenovo A60 menggunakan layar dengan diameter 3,5 inci untuk mempermudah Anda dalam mengoperasikan seluruh fitur ponsel ini. Layar sentuh kapasitif ini memiliki resolusi HVGA 480 x 320 pixel yang memang tidak terlalu hebat untuk memutar film. Tapi jika Anda ingin memainkan game atau menjalankan aplikasi sederhana, maka Anda tidak akan menemui kendala dalam menggunakan ponsel ini. Beberapa aplikasi yang membutuhkan multitouch juga bisa dilakukan di ponsel ini, sehingga Anda bisa melakukan pinch saat zoom in atau zoom out pada sebuah gambar.
Interface
Memang sangat disayangkan Lenovo A60 hanya menggunakan interface standar Android 2.3. Berbeda dari beberapa pesaing yang berada di segment sama, mampu menawarkan berbagai inovasi dan kemudahan yang berbeda dari sisi interface. Namun disisi pengetikan, A60 memiliki aplikasi pendukung sebagai alternatif input teks, yaitu Go Keyboard, fitur ini menawarkan beberapa opsi papan ketik virtual. Navigasi antar menu di A60 juga terasa mulus.
Dual Sim Card
Inilah jawaban dari kebutuhan Anda dalam menggunakan smartphone secara optimal. Lenovo A60 yang memiliki kemampuan dual on SIM card GSM-GSM dengan SIM card 1 dirancang menggunakan koneksi 2G (GPRS dan EDGE) yang lebih difokuskan untuk layanan voice+SMS, sementara slot kedua untuk memanfaatkan layanan data via 2G dan 3G.
Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mengalokasikan dana untuk koneksi data sesuai dengan operator yang kini memiliki jaringan data kuat dengan harga lebih terjangkau, tanpa dibatasi dengan paket data yang ditawarkan oleh operator yang selama ini Anda gunakan.
Penempatan Dual SIM A60 dibuat bertingkat, tentu hal ini bertujuan menghemat ruang terbatas pada ponsel. Namun kami sempat kesulitan pada awal memasukkan kartu Sim Card, plus memori eksternal yang berhimpitan dengan slot Sim Card. Tapi pada kesempatan kedua, kami sudah tidak lagi menemui kesulitan.
Kinerja
Seperti kami sampaikan di awal, ponsel ini memang akan menyasar ke kompetisi smartphone Android entry level yang sengaja hanya bisa menjalankan aplikasi sederhana yang jumlah juga terhitung sangat banyak. Untuk menjalankan aplikasi tersebut, Lenovo A60 menggunakan prosesor Mediatek MT6753 dengan kecepatan 650MHz yang ternyata cukup handal.
Hebatnya ponsel ini telah menggunakan Android 2.3.5 yang cukup anyar sehingga membuat semua proses terasa lebih ringan. Pada saat tes, prosesor ini ternyata mampu menjalankan game kelas menengah seperti Trial Extreme 2 yang memiliki grafis dan kecepatan render hebat.
Pada pengujian menggunakan aplikasi benchmark, kami menggunakan Antutu guna menguji kemampuan CPU, grafik 2D dan 3D. Hasilnya lumayan memuaskan dengan skor 1707 dengan nilai tertinggi pada pengujian grafik 3D mencapai 742.
Untuk bisa bertahan menjalankan semua operasi serta menerima dua sinyal operator, Lenovo A60 dibekali baterai lithium ion berkapasitas 1500 mAh. Baterai yang cukup besar ini ternyata pada pengujian yang kami lakukan mampu bertahan kurang dari dua hari dengan kondisi dua sim bekerja.
Kamera
Kamera yang digunakan Lenovo A60 berkapasitas 3,2 MP. Cukup sederhana karena tidak dilengkapi dengan fasilitas autofocus yang kami percaya sangat membantu dalam pemotretan. Namun kekurangan tersebut mungkin tidak akan terasa jika Anda mengetahui bahwa ponsel ini memiliki beragam fitur pendukung seperti efek, white balance, face atau smile detection, panorama, night mode, geo tagging, dan multi shot. Gambar yang dihasilkan dari kamera ponsel cukup baik, meski terasa sedikit soft yang bisa digunakan untuk memotret wajah. Saat Anda membutuhkan gambar bergerak, A60 bisa membantu dengan perekaman video yang terbilang cukup standar untuk memenuhi kebutuhan Anda.
Kesimpulan
Dengan harga jual Rp 1,5-an yang cukup terjangkau, Lenovo A60 lebih mudah dibeli oleh siapa pun. Kinerja dan fasilitas yang ditawarkan juga tidak terlalu mengecewakan. Dual SIM Card yang digunakan merupakan daya tarik terbesar yang mempermudah Anda memilih operator mana yang paling tepat untuk memfasilitasi koneksi data Anda. Berbagai minus tentu juga akan Anda temui, seperti yang biasa Anda temui pada ponsel entry level.
(+) Dual simcard GSM/GSM aktif bersamaan.
(+) Sistem operasi Android 2.3.3.
(-) Foto terlihat soft
(-) Posisi Sim Card sempit
Spesifikasi
3,5 inch HVGA display 320480 pixel
CPU MT6573 650MHz
GPU PowerVR SGX 531
RAM 256MB
ROM 512MB
Storage internal 220MB (16GB via microSD)
3G/HSDPA
WiFi 802.11 b/g, WiFi hotspot
Bluetooth 2.0 w/ A2DP + EDR
GPS with aGPS support
3,2MP kamera belakang
0,3MP kamera depan
FM radio tuner
Android 2.3.5 Gingerbread
Baterai Li-Ion 1500mAh

No comments:

Post a Comment